Toturial 9 - Indentasi Penulisan dan Pemberian Nama

Indentasi Penulisan

Jangan menyesal jika suatu saat setelah anda menyusun kode program yang sangat panjang khususnya VB6, dan anda harus membaca ulang kode program tersebut serta anda harus melakukan edit kode program tersebut. Kenapa menyesal? karena anda kesulitan dalam membaca atau mencari dari sekian banyak kode program yang penulisan serta pemberian nama yang tidak tersetruktur; hal ini diakibatkan karena pada saat anda menyusun kode program, anda tidak mempedulikan dalam menggunakan indentasi yang benar serta penggunaan nama variabel atau object yang semaunya.

Memang tidak menjadi keharusan bahwa cara penulisan kode program dengan identasi yang benar serta penamaan yang baik, karena yang terpenting program berjalan sesuai dengan yang anda inginkan. Tetapi dengan menggunakan identasi penulisan yang benar serta penamaan variabel dan object yan tersetruktur akan sangat menguntungkan anda dimasa yang akan datang.

Coba anda perhatikan dua contoh kode program dalam gambar berikut dibawah ini:

Indentasi

atau dengan cara penulisan seperti berikut ini:

Indentasi
Tentu anda lebih menyukai gambar yang diatas, karena cara penulisan menggunakan identasi yang baik, sehingga jika anda baca akan sangat mudah untuk dimengerti; dengan demikian maka anda akan lebih mudah melakukan debug atau pencarian sumber masalah seandainya anda harus melakukan edit terhadap kode program tersebut.

Indentasi Syntax

Indentasi sintax atau penulisan sangat layak dikedepankan dalam penulisan sebuah kode program dengan menggunakan bahasa apapun. Nah karena dalam VB6 belum ada fasilitas auto alignment identation atau pengaturan secara otomatis pada saat anda mengetik kode program, maka dalam hal ini anda yang harus melakukannya sendiri. Hal ini sangat perlu, bahkan dalam VB.Net indentasi tersebut sudah dibuat secara otomatis.

Sangat sederhana sebenarnya cara untuk menggunakan indentasi dalam pemrograman khususnya VB6, yaitu setiap kelompok atau blok program anda gunakan indentasi 1 Tab dengan cara menekan tombol Tab; seperti contoh berikut ini:


Private Function LastKode(Optional NoInput As Long) As String
Dim oTabelJenisSupplier As New FAMSTRDS.TabelJenisSupplier
Dim oFileSupplier As New FAMSTRDS.FileSupplier
Dim Inisial As String
Dim NoTerakhir As Long

'Mencari Jenis Supplier
oTabelJenisSupplier.Fields.KodeJenis = oTKodeJenis.GetID(cboKodeJenis.ListIndex)
oTabelJenisSupplier.Find oConnection.Server

'Definisi Inisial Kode
Inisial = oTabelJenisSupplier.Fields.Inisial

If NoInput = 0 Then
If Trim(Inisial) <> "" Then
'Menentukan Kode Terakhir
Inisial = oTabelJenisSupplier.Fields.Inisial
oFileSupplier.Fields.Inisial = oTabelJenisSupplier.Fields.Inisial
oFileSupplier.FindLastNumber oConnection.Server
NoTerakhir = Num(GetNumeric(Right(oFileSupplier.Fields.KodeSupplier, 5)))
LastKode = Inisial + Addzero(Trim(Str(NoTerakhir + 1)), 5)
Else
LastKode = ""
End If
Else
LastKode = Inisial + Addzero(Trim(Str(NoInput)), 5)
End If

Set oFileSupplier = Nothing
End Function
Anda lihat bahwa didalam procedure pada baris awal anda awali dengan Tab, dan teliskan dalam aligment yang sama (rata kiri) jika itu satu blok kode program, misalkan deklarasi variabel. Kemudian jika terdapat sebuah kondisi atau perulangan buatlah satu blok sendiri, sehingga sangat enak dipandang mata. Berikan spasi baris kosong antara blok kode program satu dengan lainnya.

Berikan keterangan atau remark dengan tanda petik satu (') pada setiap blok kode program, karena anda secara mudah akan mengenali tugas dari blok kode program tersebut tanpa harus memeriksa kode blok terlebih dahulu.

Pemberian Nama

Dalam memberikan sebuah nama variabel atau object VB6 memberikan batas maksimum 255 character, jadi anda tidak perlu takut terlalu panjang; akan tetapi yang perlu anda perhatikan bahwa dalam memberi sebuah nama anda gunakan nama yang paling singkat tetapi sangat mudah anda kenali dan diharapkan jangan menggunakan kode-kode yang akhirnya akan memperlemah pemahaman anda dikemudian hari. Sebagai contoh pemberian nama yang baik adalah seperti berikut ini:


Private Sub Proses1()
Dim Field1 As String
Dim Field2 As String
Dim Field3 As Currency
...
End Sub

Private Sub MenampilkanDataBarang()
Dim KodeBarang As String
Dim NamaBarang As String
Dim HargaJual As Currency
...
End Sub

Mana yang anda pilih diantara 2 procedure di atas sehubungan dengan cara pemberian nama, tentu anda pilih yang kedua; karena akan sangat mudah dimengerti tanpa harus berfikir dan mengingat-ingat maksud dari proses dan variabel.

Prefix

Nah setelah anda menggunakan nama yang sangat mudah untuk dimengerti, khususnya bagi anda sebagai pembuat program, selanjutnya anda harus memberikan sebuah awalan pada setiap nama baik nama variabel atau object. Kenapa demikian? karena dalam nama-nama variabel dan object nantinya anda akan dihadapkan pada banyak kesamaan, misalkan anda membuat sebuah control TextBox untuk input data Kode Barang seperti contoh form desain berikut ini:Kode Barang

Maka anda harus memberi nama minimal 3 buah penamaan yaitu untuk control Label kode barang, TextBox kode barang dan variabel kodebarang yang akan anda pakai dalam procedure; sehingga anda tidak mungkin menggunakan satu nama misalkan: KodeBarang. Nah hal ini bisa anda atasi dengan menggunakan prefix atau awalan sebelum nama yang sesungguhnya; sehingga anda bisa memberikan ketiga nama tersebut dengan:

lblKodeBarang -- untuk label keterangan kode barang
txtKodeBarang -- untuk textbox input kode barang
strKodeBarang -- untuk variabel kode barang yang bertipe string

Dalam pemberian prefix tidak ada standar yang wajib harus menggunakan sesuatu, tetapi dari banyak programmer VB6 yang menggunakannya sama, yaitu:

Tipe Data Prefix Variabel
Integer int
Long Integer lng
Byte byt
Single sng
Double dbl
Currency cur
Boolean bln
String str
Date dtm
Object obj
Variant vnt

Tipe File Prefix Nama File
Form frm
Basic Module mod
Class Module cls
User Control uc
Property page pag

Jenis Control Prefix Nama Control
Form frm
PictureBox pic
Label lbl
Frame frm
CommandButton cmd
CheckBox chk
RadioButton rad
ComboBox cbo
ListBox lst
Scroll Bar sbr
Timer tmr
DriveListBox drv
DirListBox dir
FileListBox fil
Shape shp
Image img
Data dat
OLE ole
ListView lsv
TreeView tvw

Sekali lagi bahwa ini hanyalah konsep dan tidak diwajibkan dalam pemrograman, tetapi akan lebih baik seandainya anda menggunakannya; jika anda mempunyai konsep sendiri dalam cara penulisa, memberikan nama dan prefix, maka silahkan anda pakai selama hal ini akan memudahkan anda dalam pemrograman.

TIP
Carilah cara yang efisian dan jangan terlalu menganggap remeh dalam penulisan program dan pemberian nama object atau variabel.
Previous
Next Post »